Full Album Tere - Teretorial Hits (Best Of) 2008

Judul

Album Tere - Teretorial Hits (Best Of) 2008

Teretorial Hits adalah album kompilasi dari penyanyi Indonesia Tere yang dirilis pada tahun 2008. Berisi 12 buah lagu yang terdiri atas beberapa lagu lawas dari album terdahulu. Lagu Tersenyumlah adalah lagu utama album ini.

Setelah delapan tahun menempuh karir di bidang tarik suara, Tere, 29 tahun, memutuskan mengeluarkan album kompilasi lagu terbaik. "tERetorial Hits", begitu judul album itu, diakui penyanyi hit "Awal Yang Indah" sebagai benang merah perjalanan bermusiknya.

Meski berisi lagu terbaik, namun Tere tidak ingin ada embel-embel 'terbaik', atau 'the best' dalam judul album "Saya merasa kurang nyaman dengan istilah The Best. Karena menurut saya The best itu seperti karya di penghujung karir," Kata wanita bernama lengkap Theresia Ebenna Ezeria Pardede

Berbeda dengan tiga album terdahulu, Tere mencoba memberikan sesuatu yang segar dan lebih optimis pada tiga lagu terbaru."Musiknya bisa dikatakan lebih kontemplatif dengan lirik positif. Sehingga memberi semangat untuk tersenyum, seperti pada judul lagu 'Tersenyumlah'," kata Tere menyebut lagu yang menjadi single andalan album keempatnya itu.

Bangunan Aransemen sendiri, menurut Tere,akan lebih mengalun dan cerah. Dia menunjuk pada Pay, yang kali ini membantu aransemen pada tiga lagu baru dalam album.

Berbicara tentang lagu andalan "Tersenyumlah", Tere mengaku lagu tersebut terinspirasi saat kunjungan dirinya ke Aceh pada januari 2005, saat itu dia mengunjungi Meulaboh dan Banda Aceh.

"Ketika di kamp pengungsi di Meulaboh, sengaja bawa alat musik sekadarnya, terus nyanyi-nyanyi awalnya dari mellow lalu jadi happy banget. Musik itu bisa berubah mood, dari situ notasi mulai terbentuk," kata dia bercerita tentang lagu "Tersenyumlah".

Kemudian ketika kembali ke jakarta, lagu tersebut hanya menjadi penghuni hardisk komputernya. Hingga satu tahun kemudian, ketika Tere membuka lagu itu kembali, ia pun mendapat ilham untuk menuliskan lirik pada lagu dalam bahasa inggris kemudian munculah judul "a better new day".

Tere lalu mencoba membuat demo di rumahnya, yang kemudian ia serahkan kepada pihak label, Aquarius. Namun, bersama pihak label, lagu tersebut diubah dan memasukan unsur lokal."Cari padanan kata yang susah sebelum akhirnya menjadi lagu "Tersenyumlah," kata Tere

Ia mengaku,bagian tersulit lagu itu adalah pemberian aransemen. "Liriknya sih cepat bisa satu menit, tapi aransemen hampir setahun," ungkapnya.

Mengenai target, Tere mengaku tidak terlalu nyaman membicarakan angka penjualan Baginya yang terpenting adalah apresiasi sebagai penyanyi,"paling nggak ring back tone amanlah," katanya sembari tertawa.

Tere sendiri mengaku optimis album ini akan diterima pendengar."Lagunya aja optimis masak penyanyinya nggak" Kata Tere.

Album yang telah dirilis sekitar pertengahan Desember 2008 ini,berisikan 12 lagu, 9 lagu berasal dari tiga album terdahulu plus 3 lagu baru, yakni Tersenyumlah, Tak pernah sengaja, dan Sandiwara yang Melelahkan.

Daftar Lagu

itunes.png

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment